https://goo.gl/2rpEQE

5 Cara Sederhana Untuk Mencegah Flu

Musim hujan identik dengan serangan influenza. Kendati begitu, sebenarnya flu tidak mengenal musim. Dr. Roshini Raj dari New York University Medical Center mengatakan bahwa banyak orang yang tidak menyadari jika kebiasaan-kebiasaan tertentu mereka dapat meningkatkan risiko untuk terserang flu. Kebiasaan-kebiasaan seperti merokok, jarang mencuci tangan, hingga olahraga berlebihan adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena flu.

Tips Mencegah Flu/Pilek

http://obatpenyakit34.blogspot.com/2015/04/5-cara-sederhana-untuk-mencegah-flu.html

Maka dari itu, para ahli menyarankan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat agar tubuh dapat menangkal berbagai serangan virus, termasuk virus flu. Adapun saran-saran lain yang bisa membantu anda untuk mencegah serangan flu adalah sebagai berikut :

1. Cuci tangan
Sering mencuci tangan dengan sabun dan air dapat mengusir kuman yang menempel. Ketika mencuci tangan , para ahli kesehatan menyarankan untuk menggosok kedua tangan bersama-sama dengan penuh semangat selama setidaknya 20 detik, kemudian mematikan keran dengan handuk. Sedangkan ketika anda sedang bekerja, sempatkan diri untuk selalu membersihkan permukaan benda-benda di sekitar anda seperti keyboard, mouse komputer, telepon, gagang pintu, dan sebagainya.

2. Hindari menyentuh hidung, mulut, dan mata
Jika anda merasa tangan anda tidak steril dari kuman dan belum sempat mencucinya, maka usahakan tangan anda untuk menjauh dari hidung, mulut, dan mata anda. Flu dan pilek dapat menyebar dari anggota-anggota tubuh tersebut. Apabila anda batuk atau bersin, usahakan untuk menggunakan tisu, jangan langsung menutupinya dengan tangan. Apabila tidak memungkinkan, gunakan bagian dalam siku tangan anda.

3. Membiasakan pola hidup sehat
Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum air yang cukup, dan berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Tetap terhidrasi, yakni dengan minum delapan gelas air sehari dapat membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Sedangkan berolahraga secara rutin seperti jalan cepat atau bersepeda dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan virus. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam melakukannya, karena malah dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Olahraga 5 kali dalam seminggu selama 15-30 setiap sesinya sudah cukup untuk membuat tubuh tetap bugar.

4. Jangan merokok dan Hindari Asap Rokok
Asap rokok mengandung racun yang dapat melumpuhkan silia, bulu-bulu halus yang melapisi selaput lendir di hidung dan paru-paru. Silia bekerja untuk menyapu virus dan penjajah lainnya. Silia juga mengeluarkan lendir dari paru-paru dan umumnya bekerja untuk mencegah infeksi. Para ahli kesehatan percaya jika fungsi silia terganggu, maka seseorang akan berada pada risiko yang tinggi untuk terkena infeksi paru-paru.

5. Makan yogurt
Bakteri baik dalam yogurt dapat bermanfaat untuk mencegah pilek, demikian menurut National Institutes of Health. Para peneliti percaya jika bakteri yang ada dalam yogurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Peelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan yogurt setiap hari diketahui 25 persen lebih sedikit yang terkena pilek.


5 Cara Sederhana Untuk Mencegah Flu

0 Response to "5 Cara Sederhana Untuk Mencegah Flu"

Post a Comment