Macam-macam Bekas Jerawat & Cara Mengatasinya

Macam-macam Bekas Jerawat & Cara Mengatasinya >> Saat ini bekas jerawat bukanlah hal yang mudah untuk disembunyikan. Bekas jerawat ini tidak akan pernah benar-benar bisa dihilangkan dalam waktu yang singkat. Tapi ada beberapa metode yang dapat membantu mengurangi ukuran dan mengubah penampilannya.

http://obatpenyakit34.blogspot.com/2015/04/macam-macam-bekas-jerawat-cara.html

Bekas jerawat cenderung dikaitkan dengan respon peradangan individual. Bahkan dengan perawatan yang paling hati-hati dan teliti, bekas jerawat mungkin masih bisa menimpa kulit Anda. Tapi tidak semua bekas luka atau bekas jerawat ini diciptakan sama. Pada umumnya, bekas jerawat dibagi menjadi dua kategori: yang disebabkan oleh hilangnya jaringan (atrofi), dan yang disebabkan oleh kelebihan jaringan (hypertrophic). 

Bekas jerawat datang dalam berbagai bentuk, ukuran, dan bahkan warna. Setiap jenis bekas jerawat memiliki karakteristik dan fitur yang unik. Dalam kategori tersebut, bekas jerawat dibagi menjadi empat jenis: ice pick, boxcar, rolling, dan keloid.

skin.co.id Macam-macam Bekas Jerawat & Cara Mengatasinya

Karena perbedaan ini, perawatan yang cocok pada satu jenis bekas jerawat belum tentu cocok untuk semua jenis, dan penting untuk selalu berhati-hati memilih pengobatan yang paling cocok dengan kebutuhan Anda agar bisa mencapai hasil yang optimal. Bekas jerawat adalah bagian alami dari proses penyembuhan setelah peradangan. Penampilan dan pengobatannya tergantung pada beberapa faktor. Bekas jerawat yang paling umum dan di alami kebanyakan orang di antaranya adalah:

Ice Pick
Bekas luka pada jerawat ini merupakan bekas yang dalam dan sempit. Bekas luka ini menyerupai pori-pori yang kosong dan besar di kulit. Bekas jerawat ini biasanya berukuran kurang dari 2 mm. Bekas ini kadang membentuk penampilan kulit yang tertusuk dan merupakan bekas yang meluas ke dermis. Ice Pick bisa berkembang setelah kulit mengalami peradangan dan infeksi dari jerawat batu dan radang kulit yang berada di permukaan kulit sehingga jaringan kulit hancur.

skin.co.id Jenis Bekas Jerawat dan Cara Mengatasinya 

Pengobatan yang efektif untuk ice pick ini biasanya bertujuan untuk menghilangkan jaringan parut agar memberikan kesempatan untuk pergantian jaringan baru yang lebih sehat. Ice pick merupakan bekas jerawat yang paling sulit diobati tanpa operasi bedah. Karena kedalaman lukanya, bekas luka ini sulit untuk diobati. Peeling, mikrodermabrasi dan banyak jenis perawatan laser lainnya yang tidak mempan dan kurang memiliki dampak yang signifikan karena tekniknya yang tidak mengangkat jaringan parut dengan efektif. Cobalah menjajal punch-out excision.

Punch-out Excision
Sebuah tehnik yang digunakan untuk memperbaiki penampilan kulit akibat bekas jerawat. Selama perawatan ini, alat kecil seperti pemotong akan digunakan untuk memotong bekas luka. Kemudian luka tersbut ditutup dengan steri-strip, jahitan, atau lem kulit. Setelah sembuh, tekstur kulit akan menjadi lebih lembut.
Boxcar
Bekas luka boxcar adalah luka sudut dengan sisi vertikal yang tajam, dan mirip dengan bekas luka yang ditinggalkan oleh cacar air. Bekas ini bisa berbentuk dangkal atau dalam, serta sering ditemukan pada pipi. Karena bentuknya dengan tepi yang curam, bekas ini lebih sulit untuk dihaluskan. Ketika peradangan karena jerawat menghancurkan kolagen kulit, jaringan kulit akan hilang.

skin.co.id Jenis Bekas Jerawat dan Cara Mengatasinya 

Kulit di permukaan atas akan dibiarkan tanpa perlindungan sehingga membuat area wajah ini tertekan. Perawatan laser resurfacing, chemical peeling, atau mikrodermabrasi mungkin bisa Anda coba untuk mengatasi bekas jerawat seperti ini. Dan Anda bisa mengatasinya juga dengan operasi bedah seperti tusuk jarum, punch-out excision dan bedah lainnya.

Rolling
skin.co.id Jenis Bekas Jerawat dan Cara Mengatasinya 

Bekas jerawat jenis ini merupakan bekas jerawat yang bisa dialami oleh orang yang memiliki bercak kulit akibat bekas jerawat yang sudah lama. Bekas luka ini disebabkan oleh kerusakan di bawah permukaan kulit. Bekas ini juga cenderung bergelombang, lebih lebar, dan dangkal, ia juga jelas terlihat saat usia Anda bertambah dan kulit akan kehilangan elastisitas dan kepadatannya.

Banyak perawatan yang ampuh dalam menangani bekas jerawat ini seperti laser resurfacing (ablasi dan non ablasi), intense pulsed light (IPL), chemical peeling, mikrodermabrasi dan bahkan terapi cahaya inframerah.

Keloid
Bekas jerawat ini sering disebut keloid atau hipertrofik. Keloid ini adalah luka pada jaringan parut yang mengalami peradangan yang berlebihan. Ketika jaringan parut terbentuk secara berlebihan, jaringan tersebut akan membentuk nodula yang padat berisi disebut keloid. Keloid ini sering muncul di punggung dan dada, tetapi juga sering muncul di bagian leher dan wajah. Berbeda dengan jenis bekas jerawat yang lainnya, keloid disebabkan karena kelebihan produksi kolagen.

skin.co.id skin.co.id Jenis Bekas Jerawat dan Cara Mengatasinya 

Beberapa faktor dapat berpotensi dan terlibat dalam proses, termasuk tingkat keparahan jerawat dan rentang waktu tumbuhnya jerawat, genetika, dan infeksi sekunder. Saat keloid ini semakin parah, bekas tersebut akan lebih rentan terhadap perawatan ablasi laser dan mikrodermabrasi, serta bisa juga diangkat dengan operasi. Keloid ini juga kurang merespon perawatan seperti chemical peeling karena jaringan parut pada kulit lebih tahan terhadap bahan kimia daripada jaringan yang sehat.

Hiperpigmentasi
Hiperpigmentasi sebenarnya bukan termasuk bekas jerawat. Hiperpigmentasi mengacu pada tanda merah atau gelap yang tertinggal setelah Anda berusaha menyembuhkan jerawat. Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi di mana kadar melanin pigmen menumpuk di kulit. Hal ini menciptakan munculnya bintik-bintik kehitaman di wajah. Hiperpigmentasi terjadi ketika melanosit (sel-sel yang memproduksi pigmen melanin) mulai berkembang biak di lokasi peradangan, atau ketika melanosit mulai menghasilkan melanin dalam jumlah yang berlebihan.

skin.co.id Jenis Bekas Jerawat dan Cara Mengatasinya 

Kejadian ini dapat disebabkan oleh luka atau peradangan akibat jerawat. Tanda-tanda ini, juga disebut makula, bukan bekas luka. Kebanyakan orang sering bingung apakah ini merupakan bekas luka akibat jerawat atau bukan karena hiperpigmentasi bisa bertahan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum bekasnya memudar. Hiperpigmentasi sering diobati dengan perawatan laser yang secara khusus menargetkan melanin. Hiperpigmentasi juga biasa diobati dengan resep obat seperti hydroquinolone, yang menghambat produksi melanin, dan retinoid topikal yang meningkatkan tingkat pergantian sel di kulit.

Hipopigmentasi
Berbeda dengan hiperpigmentasi, hipopigmentasi terjadi ketika melanosit pada kulit yang terkena jerawat kehilangan kemampuannya untuk menghasilkan melanin. Hal ini sering terjadi di daerah-daerah kulit yang telah diganti dengan jaringan parut. Hipopigmentasi cenderung memiliki penampilan merah muda terang dan juga dapat terjadi pada daerah kulit yang tampak sehat.

Umumnya kondisi ini lebih terlihat pada orang-orang dengan warna kulit lebih gelap. Vitiligo adalah suatu kondisi di mana melanosit kehilangan kemampuan untuk memproduksi melanin. Tidak banyak pengobatan yang efektif yang tersedia untuk hipopigmentasi.

Eritema (Kemerahan Permanen)
Eritema adalah suatu kondisi di mana kapiler kecil di dekat permukaan kulit menjadi rusak atau melebar secara permanen. Kondisi ini muncul dalam bentuk kemerahan di kulit. Hal ini agak umum terjadi pada orang berjerawat dan terutama jika memiliki warna kulit yang lebih cerah.

skin.co.id Jenis Bekas Jerawat dan Cara Mengatasinya 

Eritema dapat diobati dengan resep obat topikal dan beberapa perawatan kulit lainnya. Eritema umumnya juga diobati dengan laser dan cahaya berbasis perawatan yang selektif menargetkan hemoglobin, seperti argon dan pulsed dye laser.

Untuk memaksimalkan hasil perawatan atau pengobatan bekas jerawat di atas, Anda juga perlu menggunakan Blemish Restore yang mengandung blemish dan blue complex yang mampu meregenerasi kulit dan memberikan nutrisi secara intensif pada kulit Anda. Semoga bermanfaat.


 Macam-macam Bekas Jerawat & Cara Mengatasinya

0 Response to " Macam-macam Bekas Jerawat & Cara Mengatasinya"

Post a Comment